Sunday, July 8, 2007

Perjuangan Merah Putih di Piala Asia

Assalamualaikum Wr. Wb.

Gaung Piala Asia telah terdengar sejak kemarin malam. Berbagai tim dari negara yang akan berlaga pun telah siap bertanding di grupnya masing-masing. Sementara itu, negeri kita tercinta ini menempati grup D bersama Bahrain, Arab Saudi, dan Korea Selatan. Dan tinggal dua hari lagi pertandingan perdana Indonesia melawan Bahrain akan berlangsung. Akan tetapi, antusiasme masyarakat untuk ikut serta mendukung Indonesia yang menjadi salah satu tuan rumah sangatlah kecil. Ya, memang sebagian besar suporter-suporter penggila bola telah bersedia mendukung dengan sukarela. Namun, dukungan dari masyarakat awam begitu sedikit. Bahkan jika tidak mengetahui berita Piala Asia dari media cetak maupun elektronik, mereka mungkin tidak akan tahu bahwa Indonesia menjadi salah satu peserta dan sekaligus salah satu tuan rumah. Seringkali saya dengar ketika saya berkata kepada teman-teman saya mengenai keikutsertaan Indonesia dikancah Asia, mereka berkata dengan entengnya : ”Ah, aku nggak mau lihat. Paling-paling juga kalah terus. Bikin malu saja. Mending nggak usah nonton. Lebih enak nonton Inggris.” Pernyataan mereka itu sungguh mengiris hati. Bagaimana tidak? Mereka lebih mendukung tim-tim negeri lain daripada tim tanah air mereka sendiri.

"Saya pikir kalah menang adalah hal yang biasa dalam suatu kompetesi. Dan satu hal yang perlu ditekankan adalah bahwa kalah bukanlah suatu hal yang memalukan. Tapi kalah sebelum bertanding itulah yang memalukan."


Dari dulu anggapan bahwa Indonesia adalah tim yang lemah tidak pernah lepas dari benak masyarakat Indonesia sendiri. Sungguh sangat memprihatinkan di saat bangsa ini butuh dukungan dari pemain ke-12 atau supporter yang setia mendukung di saat menang atau kalah. Hal inilah yang saya katakan kalah sebelum bertanding. Yaitu betapa lemahnya mental masyarakat bangsa Indonesia sampai-sampai merendahkan bangsanya sendiri. Memang dalam permainan sepakbola hanya dilaksanakan oleh 11 pemain. Akan tetapi, dukungan dari supporter merupakan suatu spirit tersendiri yang akan menambah amunisi kekuatan suatu tim dan akan sangat memalukan jikalau suporter Indonesia malah beralih dukungan kepada negara lain.

Maka dari itu, saya sangat mengharapkan dukungan atau sekadar perhatian dari masyarakat Indonesia terhadap tim merah putih. Hargailah mereka yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan mengikuti kompetisi ini. Hargailah mereka yang telah berjuang mati-matian sehingga Indonesia dapat lolos ke putaran final Piala Asia.
Ya, saya akui walaupun permainan timnas kita belum sebanding dengan negara-negara lain yang ikut serta dan walaupun di atas kertas kemungkinan lolos ke babak selanjutnya sangatlah kecil. Namun, harapan selalu ada dan harapan itu ada untuk kita gapai. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika Allah swt. sudah menghendaki. Seperti motto saya : ”Who can’t stop our dreams except God and our.” Berjuanglah Indonesia kami akan selalu mendukungmu! Semangat! Bravo Indonesia!!!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

9 comments:

  1. Hmmm... habisnya tim indo klo kalah pasti ujung2nya bakalan rusuh hihihi, jadi mo ngedukung di kala menang atau kalah jadi males.

    Waktu itu ada event di JCC, motor temen g hancur gara gara persija kalah, para pendukung masuk ke lapangan parkir motor JCC dan motor kreditan temen g bodynya sampe retak - retak gitu. Mahalahan cicilan lom kelar lagi! hehehe ~

    *wew kok jadi ngoceh2 mode on yah!

    ReplyDelete
  2. Hahaha klo soal itu kan tergantung ama sifat si suporternya itu.Di post kan saya bilang klo suporter yang mau mendukung entah menang ataupun kalah.Bukannya tawur setelah kalah.Sifat orang kan beda2.Ada yg mau menerima kekalahan ada yang enggak.Saya yakin tidak semua suporter di Indonesia seperti itu.Paling hanya 1-2 provokatornya.Yg penting skrg gak harus kok mendukung sampai datang ke stadion.Bisa saja memberi semangat lewat sebuah tulisan di forum/situsnya misalnya dan yang pasti nggak akan mengolok-olok negeri sendiri karena soal ini.Ingat,nggak gampang meraih suatu kemenangan.Semangat Indonesia!! ^_^

    ReplyDelete
  3. Iya sih! hahaha...
    Semangat Indonesia~ aduh tapi g enggak suka bola ^^

    ReplyDelete
  4. Aku sll dukung Indo dlm lomba apapaun. Biar kalah biar meang. Sampe temen2ku banyak yg bilang "Lu tuh nasionalis banget sih? Relitas dikit napa!"
    kadang gua jg mikir knapa gua begitu mensupport Indo dr mulai sport, Dubbing, Komik, animasi dll pokoknya saya kalau msh ada yg made in Indo pasti aku beli duluan biar kata jelek. hihihih

    Habis buat aku, "KAlau bukan kita yg dukung, siapa lagi?"

    ReplyDelete
  5. oh iya ini Shireishou dr http://uang.persusi.org

    ReplyDelete
  6. Hehehe..Indonesia menang tuh lawan Bahrain 2:1. Keren..keren..

    ReplyDelete
  7. horeeeeeee.... kita menaaaaaaangggg

    ReplyDelete
  8. Kemenangan??

    i say : "Indonesia pasti bisa meraihnya.."

    optimis!!

    ReplyDelete