Tuesday, October 16, 2007

Be A Manga Artist

Assalamualaikum Wr. Wb.

Wah, selama libur lebaran, banyak hal-hal yang menyenangkan yang saya nikmati. Beberapa hal itu antara lain :
1. Pergi mudik ke Solo dan Salatiga. Ya, walaupun hanya satu hari saja tetapi saya menikmatinya kok. Lumayan buat refreshing pikiran.
2. Bertemu dengan sanak-saudara yang sudah lama tidak bersua. Wuah, selama keliling-keliling ke rumah saudara, saudara saya selalu bilang : "Wah, sekarang tambah tinggi ya. Eh, minus berapa tuh kacamatanya? Makanya, banyak minum jus wortel dong." Sampai-sampai semua saudara saya bilang hal yang sama dan ada juga yang malah ngasih resep jus wortelnya. Hue... thanks buat resepnya ya!:D
3. Dapet THR. Hehe.. Lumayan lho, berkat uang THR ini, saya jadi bisa beli beberapa buku yang saya inginkan. Salah satunya buku ini Mastering Manga Character karangan Bonnie Soeherman. Berkat buku ini saya jadi belajar menjadi seorang mangaka. Ya, walaupun gambarnya sih belum gambar saya sendiri karena saya belum sempat mengscan gambar saya sendiri (maklum banyak dapet THR alias Tugas Hari Raya dari guru-guru saya. Saya pun ngeblog sambil ngetik resume. Ihiks :((). Buku ini mengajarkan cara membuat tokoh manga berdasarkan sifat dan karakternya. Dalam buku ini dijelaskan mulai dari asal-usul manga, cara menggambar manga, sampai mewarnai dan mengeditnya dengan Photoshop. Ini bukan promosi loh, hanya sekadar pengantar.:D

Ini adalah contoh hasil pewarnaan saya dengan Photoshop. Sketsanya saya ambil dari sini.


a.) Sketsa
Ini gambar aslinya. Cewek yang manis ya.:x


















b.) Gambar Tracing
Saat proses tracing, saya sedikit memodifikasinya. Rambutnya saya buat lebih panjang. Lalu kostumnya saya kasih sarung tangan dan kaos kaki. Sedangkan untuk aksesorisnya saya tambahkan kalung berliontin bintang.













c.) Gambar setelah diwarnai Nah, ini setelah saya warnai. Ada beberapa garis yang saya tambahkan. Shadingnya baru pada rambutnya. Kalau pada kostum dan tubuhnya, saya belum bisa. Hehe... sulit rasanya memikirkan shadingnya bagaimana #-o. Selain saya kesulitan dalam shadingnya, saya juga merasa kesulitan pada pewarnaan matanya. Coba perhatikan deh. Matanya kelihatan berbeda dengan sketsanya. Hue.. :pOh ya, sebagai pemanis, saya tambahkan aksesoris rambut berbentuk bintang agar sama dengan kalungnya.:)

Nah, itu tadi, hasil belajar Photoshop saya selama liburan. Berikan kritik dan saran ya. :cheer

Wassalamualaikum Wr. Wb.

14 comments:

  1. wah saya smpai ga prcya jdinya bs sebagus itu... tp kmbli saya mo ksi masukan buat warnanya, pernik bintang pada rabut dan liontin keliatan g masuk wa warna kostum and rambut, coba klo warnanya pink jg kayanya bgs, tp itu menurut saya. eh komennya kepanjangan yach? semoga tetap kreatif. thanx ;D

    ReplyDelete
  2. waaahh bagus lhoo....
    sketsa awalnya manis banget.... x3
    semoga semakin berkembang ya.... :)

    ReplyDelete
  3. lebaran kamu seru yah...
    trus itu keren banget, kreatif bgt...aku jd pgn belajar jg...

    ReplyDelete
  4. Itu tracing pake photoshop? Gilingaaaan.... cukup rajin. Pake pen tools kah? Cm kalau bs, line artnya di perdetil hasilnya akan jauh lbh baik. Misal kasih shading gitchu

    aku jg lom ahli sih pake photoshop. Wahaha masih sama2 blajar

    http://fanart.theotaku.com/view.php?action=retrieve&id=165676

    itu conoh hasil tracing dan coloringku pake photoshop. weheheheh

    ReplyDelete
  5. alright, young lady ... well done! clap-clap-clap!

    inda sekalian belajar niiih sama dik aura

    ReplyDelete
  6. mampir baca2.....

    o iya..gara2 firewall di server sekolah...jadi gak bisa nulis comment di shoutbox merek OGGIX nih... hikz

    jadi nulis di sini aja ya (he.he..)

    ReplyDelete
  7. Terima kasih ata kritik dan sarannya. Sy akan berusaha agar bisa lebih baik lagi. :)

    @Fadli Bumi : kalo menurut sy, sy kasih warna begitu biar warnanya gak pink semua. Yah, tapi selera orang kan beda2. Sy hargai kok usulannya. :)

    @Kang Abuy : Thx, sesuai nama sy dong. Hehe :p

    @Pippin : Iya, She's sooo cute!!!

    @ichaawe : Iya, lumayan Mbak. Wah, lain kali sy akan bljr dari Mbak Icha.

    @Shireishou : Yup, sy pake pen tool biar lbh gmpg. Klo soal shading, nah itu dia yg sy pusing mikirinnya. Mbak bs bantu??
    Btw, gmbrnya keren lho!! Tmn2 ikutan buka ya! :D

    @Inda Ardani : Enggak2, sy yg bljr sama Mbak Inda yg lbh senior.

    @Sachroel : Wah, syg ya. Kmptr skul sy mlh gudangnya virus. Pdhl udah diksh PC MAV. :(

    ReplyDelete
  8. iya nih....lebaran kali ini sepi banget hikz...

    ReplyDelete
  9. bagus lho gambarnya. kok bisa sih, sampai gak percaya aku ;)

    seru ya lebarannya. jadi kangen keluarga nih..ihik...

    ReplyDelete
  10. Hallo Aura...wah kamu punya potensi jadi mangaka :) Kembangkan terus mimpi dan kreatiivtas-mu.

    Salam,
    Bonnie

    ReplyDelete
  11. @Sachroel : Wah gak enak bgt. Apa ga ada teman lain yg ngerayakan?

    @Anna : Terima kasih. Wah, nggak mudik ya, Mbak?

    @Bonnie : Wah, terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Saya senang sekali. Apakah punya blog juga?

    ReplyDelete
  12. Dear Aura... surprise bgt liat hasilnya. Mo cari juga nih .. buat kakak dirumah. tks banget share infonya ya...!

    ReplyDelete
  13. Kalo blog belom ada rencana buat...cuma sekedar ikutan di Friendster aja...

    ReplyDelete