Tuesday, July 3, 2007

Bagaimana Cara Mendapatkan Banyak Comment ?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya memutuskan menulis tema di atas menanggapi tulisan teman saya Shirei di blognya. Ketika membacanya, saya merasa tertarik untuk menulis tema ini.

Shirei mengatakan bahwa kebanyakan blogger di Indonesia jarang sekali melakukan blogwalking dan lebih memilih menyendiri dalam dunia maya. Sedangkan yang memang sudah melakukan blogwalking, seringkali hanya meninggalkan jejak di shoutbox tanpa menulis comment atau bahkan membaca postingannya. Hal ini menyebabkan para blogger yang rajin update, blogwalking maupun menulis comment menjadi bertanya-tanya. Bagaimana caranya membuat blogger lain tertarik membaca postingan kita dan memberikan comment? Pertanyaan ini juga muncul dalam benak saya yang seorang blogger baru.

Saya rasa ada beberapa alasan untuk menjelaskan kenapa hal ini terjadi :
1. Koneksi internet yang lelet : hal ini dapat menyebabkan orang malas menulis comment karena harus menunggu bermenit-menit atau bahkan berjam-jam hanya sekedar untuk membuka form comment. Akhirnya mereka memutuskan untuk menulis komentarnya di shoutbox.
2. Blog terlalu berat : kemarin saya telah menghitung berat blog sesuai anjuran postingan Mas AgusHery di blognya. Dan saya menemukan bahwa blog saya ternyata termasuk golongan berat karena banyak warna merahnya. Untuk memastikannya saya pun sering bertanya pada teman-teman saya di sekolah. Apakah blog saya terlalu berat? Saya rasa dalam kesempatan ini saya juga bertanya hal yang sama pada teman-teman blogger. Mohon tanggapannya.
3. Just blogwalking : mungkin ada beberapa golongan blogger yang memang lebih suka meninggalkan pesan di shoutbox karena alasan praktis atau menambah jaringan teman blog agar lebih banyak yang mengunjungi blog mereka. Ini lebih sering terjadi pada blogger baru yang sedang promosi termasuk saya. Mohon maaf kalau saya jarang menulis di comment. Saya akan berusaha menulisnya.

Nah, setelah merenung beberapa lama, akhirnya saya menemukan permasalahan yang sebenarnya.
“Mungkin ini disebabkan salah satu sifat dasar manusia yaitu ingin dimengerti dan diperhatikan orang lain. Namun, tak mau mengerti orang lain."


Jadi, simpel saja jalan keluarnya yaitu saling mengerti satu sama lain. Di bawah ini ada beberapa saran dari saya bila ingin mendapat banyak comment :
1. Instropeksi diri : mungkin saja blog terlalu berat. Kurangi hal-hal yang kurang bermanfaat.
2. Memperbaiki tema postingan : mungkin postingan kurang menarik dibaca. Ya, kalau hal ini memang relatif sih. Tergantung tipe orang yang membacanya. Ada yang suka, ada juga yang tidak. Kita harus mengerti bahwa selera manusia itu berbeda-beda
3. Tulis comment di blog orang lain : dunia ini bersifat give and take. Jika ingin diberi, memberilah dulu pada orang lain.

Jika memang ada beberapa alasan yang mungkin tidak dapat dihindari seperti alasan nomor 1, boleh-boleh saja kok menulis di shoutbox. Hal ini lebih baik daripada sekadar lewat saja. Tapi, usahakan menulis komentar tentang suatu postingan. Ini menandakan bahwa kita sudah membaca postingan teman kita. Namun, sekali lagi, alangkah lebih baik menulis komentar pada tempatnya yaitu di comment. Itu lebih terkesan kita menghargai postingan teman kita.

Nah, beberapa saran di atas semoga bermanfaat. Amien. ^_^. Sebagai blogger baru saya juga minta kritik dan sarannya. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

23 comments:

  1. klo aku yg bikin aku gak mau comment karena koputernya lelet banget sich.................

    ReplyDelete
  2. dimaklumi ajah...:D
    dah, nih ta ksi koment...heheheheh Lam kenal ya :)

    ReplyDelete
  3. nah kalo namaku disebut, baru deh kasih komen...(halah narsis :P)...tapi bisa jadi karena memang kita lebih suka membaca tanpa terusik untuk memberikan ide, komentar ato saran. di kelas juga kita jarang liat ada murid yg aktif, bisa jadi pembawaan dari metode pendidikan ya?

    ReplyDelete
  4. aduh maaf kalau tulisan di blogku ngebuat cc mikir sampe segitunya

    habsinya itu berasa banget waktu aku ngeblog di boleh.com yg notabene blog LOKAL yg speed buat komennya tinggi. Tp ttp aja meski leave komen lbh cenderung chat

    bahkan saat aku curhat ttg sedhnya aku ga 1 pun nanggepin (PDhl 17 komen masuk)

    Akhirnya pensiun dah dr boleh. Di FS jg sepi.

    Maaf yah cc. Kalau aku sih masalah ama blogpot. kalau ga dikantor kayak skarang, aku ga mungkin bs komen di blogspot ^^

    http://uang.persusi.org

    ReplyDelete
  5. hehehhehheh..
    sbenernya sii aku sukak aja ngasih komen,
    cuman kadang suka lamaaaaaaaaa banget nunggunya.. jadi males.
    ato kadang2 udah baca postingan, tapi ngga tau mo komen apa. xp

    ReplyDelete
  6. skarang malah aku ga bs buka chatbox kamu loh. waahahahaha

    Btw, Tutorialku yg photoshop lbh enak liat di yg persusi. aku dah kasih gambar


    http://uang.persusi.org

    ReplyDelete
  7. "comment"??...
    menurut gw sih...mua tergantung posting dirimu deh.
    Kl msalah Network or hardware...itu jg bs. Msal kl blog kamu bnyak picnya so dibuka client pst berat.Atau PC U/ surving yg paz2an, yah lelet bgt....nah akhirnya malas deh...
    Warna Background jg ngefek...apalagi kl merah...itu berat bgt untuk di load...yg ringan sih warna putih teman....

    ReplyDelete
  8. Wah, terima kasih atas tanggapan teman-teman blogger. Saya akan jadikan sebagai bahan introspeksi diri. Maklum saya masih blogger baru. Jadi, masih banyak kekurangan disana-sini. Terima kasih. :)

    ReplyDelete
  9. shoutbox emang bikin agak - agak berat sih, makanya di blog gue, gue enggak pakai shoutbox hahaha.

    Kadang klo mo nulis komen itu kan buka windows baru, klo koneksi lagi lambat emang susah sih ^^

    *met kenal yah
    pecinta sakura card captor yah!

    ReplyDelete
  10. “Mungkin ini disebabkan salah satu sifat dasar manusia yaitu ingin dimengerti dan diperhatikan orang lain. Namun, tak mau mengerti orang lain."

    --> bener and setuju banget....
    I think it's better for us to start from ourselves. When we drop comment(s), our friend will know how care we are. Then they will care for us, in return. But never hope anything in return, do it sincerely.... rite?

    ReplyDelete
  11. ehehehe.. kdg ngisi shoutbox lbih praktis. hehehe. tp ky di templateku tuh yaaa, gak bisa ngisi comment.. template yg aneehhh..


    atalya*

    ReplyDelete
  12. ak paling suka tips ke tiga :)
    ---->
    3. Tulis comment di blog orang lain : dunia ini bersifat give and take. Jika ingin diberi, memberilah dulu pada orang lain.

    ini bener banget...
    artikel yang menarik salam kenal..:)

    ReplyDelete
  13. Thanks semuanya. Saya gak bisa bales satu2. Soalnya bingung mo ngomong apa? Sekali lagi thanks ya! :)

    ReplyDelete
  14. iya, sama saya juga kadang taks empat berpikir untuk kasih koment, waktu ngeblog terbatas, di sela-sela istirahat kerja. (curi-curi). tapi memang tergantung isinya sih, kalau mengundang pertanyaan susulan ya banyak yang aksih koment. blog ku juga banyak koments nya. apa aura pengin kasih komen?

    sumedi
    http://paradesasketsa.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. wah begitu nulis ini yan komen jadi banyak... gyahahahaha.... aku sebenrnya cukup rajin loh baca-baca isi potingan... cuma terkadang ngga punya banyak waktu untuk berkomen...soalnya tau ndiri kan. mesti loin dulu, mesti isi kode dulu..capwe deeee

    ReplyDelete
  16. jadi sadar nih...tapi kalo blognya ngga banget gmn mo baca?hehe...jadinya malah boros waktu, khan? tapi ya dicoba deh...postingannya bgs bgt, oiya slm knal ya...dtg ke blogku yah.

    ReplyDelete
  17. hehe.. tinggalin komen di blog saya aja mbak pasti saya bales :D
    *siapa gue ya?

    ReplyDelete
  18. Yah..... bukan berarti gak kasih koment berarti gak baca blognya bukan. menurut gw isi shout box juga udah cukup. abis kalo nunggu form comentnya kelamaan. keburu ketinggalan kereta... oh iya tuh setingan coment di blog lo di seting ulang. masa orang harus punya account google baru bisa coment...

    ReplyDelete
  19. hi.hi.. kembaran pink...aduh bikin blog bunda juga lemot banget.. ya udah salam kenal ya, makasih infonya loch..

    ReplyDelete
  20. Hi tika,. Alasannya padat dan menarik,..
    Good tips also,..:)

    ReplyDelete
  21. ho2....bs dicoba nee....
    tp bbrp cara udh dicoba trmsk menarik perhatian dr tema tp kok blon ngefek y hmmm....btw thx alot...

    ReplyDelete