Saturday, March 7, 2009

Aneh Tapi Enak ?!

Assalamualaikum Wr. Wb.

Beberapa minggu yang lalu, saya dan teman saya kedapatan tugas agama. Hmm... apa coba tugasnya?? Ayo tebak! Hehehe.... Jeng jeng jeng : BIKIN KUE !!! Hah yang benar aja? Ini agama atau tata boga. Hahaha... Itulah hal pertama yang ada di benak saya sewaktu guru saya memberi tugas itu. Awalnya sih saya anggap bercanda. Tapi setelah beberapa detik lalu menit kemudian (perlu waktu yang agak lama untuk konek) saya baru ngeh kalo itu benar-benar tugas yang diberikan oleh guru saya! Kata guru saya, ini adalah praktek pengamalan dari bab menghargai karya orang lain.

Untungnya tugas itu tugas kelompok. Jadi saya bisa mengandalkan teman saya yang lainnya untuk membuatnya. Maklum saya nggak ahli dalam masak-memasak . Tiap kelompok terdiri dari 8 sampai 9 anak. Dibagi menurut absen. Tugasnya kelompok 1 : kue tart, kelompok 2 : cake tape, kelompok 3 : pizza dan kelompok 4 : bolu kukus. Saya masuk kelompok 1. Nah, kami kebagian tugas bikin kue tart. Lumayanlah daripada bikin yang lebih susah lagi . Hari Minggu diputuskan untuk bikin kue di rumah salah satu teman kami. Kami memutuskan untuk bikin kue dari bahan instan aja yang gampang. Setelah belanja bahan-bahan yang diperlukan, kami langsung terjun ke lapangan eh dapur untuk bikin kue (baca : bikin berantakan dapurnya!). Berikut akan saya jelaskan langkah-langkahnya (perhatian : sebaiknya tidak dicoba dirumah karena ada beberapa langkah yang agaknya meragukan dan saya lupa. Hehe..)

1. Sebaiknya baca dulu petunjuk di bungkus bahan kue instannya.
2. Panaskan oven dahulu. (Ps:kami menggunakan oven jadul alias oven kompor)
3. Panaskan mentega secukupnya sampai meleleh.
4. Buka bungkus bahan kue instannya. Masukkan ke dalam mangkuk mixer.
5. Kalo nggak salah : masukkan 4 butir telur dan mentega yang sudah meleleh tadi. Kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi.
6. Jika adonan sudah mengembang, tuang ke loyang lalu masukkan ke dalam oven.


Sementara menunggu adonan tadi matang, kami membuat krimnya..
1. Lelehkan mentega putih.
2. Jika sudah meleleh, masukkan ke dalam mangkuk mixer.
3. Tambahkan susu dan selai secukupnya. Kami menggunakan selai apel supaya krimnya lebih berwarna dan ada rasa buahnya.
4. Kocok dengan mixer.
5. Silakan dirasakan dahulu krimnya sudah manis atau belum. (Ps:iika belum manis, jangan tambahkan gula pasir karena gulanya tidak bisa hancur. Tambahkan saja selai lagi.)

Kembali ke kue dalam oven...
1. Lihat keadaan kue di dalam oven dengan menusuknya dengan sumpit. Jika sudah tidak ada lagi adonan yang menempel pada sumpit, berarti kue sudah matang.
2. Keluarkan kue dari oven. Tunggu sampai dingin.
3. Setelah kue dingin, bagi kue jadi 2 bagian dengan benang. Potong juga bagian atas kue yang tidak rata.
4. Beri krim diantara lapisan kue yang sudah dipotong tadi. Lapisi seluruh bagian kue dengan krim. (Ps:jangan samakan cara melapisi kue dengan krim dengan melapisi tembok dengan semen! Sssstt... hal itulah yang kami lakukan karena krimnya nggak mau nempel-nempel juga)
5. Siapkan krim dalam plastik untuk menghias bagian atasnya.

Lalu... Tara.... Jadilah kue bikinan kami !!!



Harap maklum kalo kami nggak pandai menghiasnya. Namanya juga amatir. Hehe.. Selain itu, baru diketahui belakangan kalau ternyata resep krim apel kami itu kurang putih telur. Jadi pantas saja nggak mau nempel di kuenya. Ckckck... Hari Selasanya, waktunya masing-masing kelompok untuk saling bertukar kue. Pertama kami merasakan kue bikinan kami sendiri. Aneh tapi enak! Itulah kesan yang bisa kami katakan tentang kue bikinan kami. Aneh dilihat dari segi bentuk dan hiasannya. Enak dilihat dari segi isinya. Alhamdulillahnya kelompok lain juga bilang kalau kue kami enak. Fiuuh... Paling nggak kerja keras kami terbayar . Bagi yang ingin mencoba, selamat mencoba ya...

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5 comments:

  1. HIHIHI lucu juga tpi gak pha pa kayaknya enak tuh. Boleh ku coba........?

    Oh ae lupa minta resepnya yah???

    ReplyDelete
  2. @Adoet: Boleh, boleh. Silakan dicoba (dibikin).. Hehehe... :D
    Resepnya cuma satu : belilah bahan kue yang instan dan terapkan langkah2 yang tertulis disitu. :)

    ReplyDelete
  3. Postingnya menarik baget ni, saya suka banget..
    saya yajin pasti bermanfaat.
    Salam kenal ya.
    Silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan kirim komentar untuk mendapatkan backlink GRATIS karena BLOG HEBOH menggunakan sistem DOFOLLOW alias KASIH COMMENT = TUKERAN LINK. hehehe..

    Oh iyah satu lagi gabung jadi pengikut saya yah..
    Di tunggu yah kedatangannya,.

    ada artikel menarik nih, silahkan berkomentar http://blogheboh.blogspot.com/2009/03/jadilah-top-commentator-di-blog-heboh.html

    ReplyDelete
  4. @ Rendy :Terima kasih.. Salam kenal jg. Ok, linknya juga sudah saya pasang.

    ReplyDelete