Friday, April 24, 2009

Liburan Hemat Tapi...

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sejak Sabtu minggu lalu sampai hari jumat kemarin, sekolah saya libur karena kelas 3 akan mengikuti Ujian Nasional. Kakak-kakak kelas 3 semoga lulus semua dengan nilai yang memuaskan. Amin. Nah, selama liburan itu, saya merencanakan berbagai kegiatan untuk mengisi liburan. Ada yang terlaksana, ada juga yang tidak sih. Liburan kali ini saya rancang sehemat mungkin. Berikut kegiatan-kegiatan yang berhasil :
1.Nonton anime Tsubasa Reservoir Chronicle season 1. Anime ini saya beli sih. Tapi toh itu dari uang yang sudah lama saya kumpulkan memang untuk membelinya.
Hikmah : sebelum liburan menabung-nabunglah yang banyak! Hehehe

2.Belajar mengubah foto wajah jadi kartun. Seperti biasa saya tetap mengandalkan Adobe Photoshop cs untuk membuat ini. Yah, walaupun baru jadi tracingnya saja sih. Masalahnya karena foto yang diambil menggunakan hp, hasilnya kurang begitu maksimal. Warna-warna fotonya membaur jadi satu. Jadi, saya bingung sendiri batas-batas wajah yang harus di-tracing.
Hikmah : kalau ingin wajahnya terlihat jelas, pakailah kamera digital!


3.Meningkatkan rutinitas olahraga. Selama liburan saya nggak ingin jadi beruang yang kerjanya makan-tidur melulu. Jadi, saya imbangi dengan olahraga. Saya merencanakan dua hal : jogging keliling kompleks dan berenang. Opsi yang pertama gagal dijalankan karena saya sering bangun kesiangan. Duh! Karena itu saya ganti dengan pijat refleksi dengan batu-batuan yang ada di depan rumah. Tetep murah kan? Lalu, opsi yang satunya (berenang) berhasil dilaksanakan. Untung ada kolam renang dekat rumah. Selain itu, karena hari biasa, kolam renangnya sepi dan airnya jernih banget. Asyiiikk...
Hikmah : ayo bangun pagi karena itu menyenangkan.

4.Mengerjakan tugas-tugas sekolah. Yang terakhir ini sih mau nggak mau jadi salah satu kegiatan yang ’wajib’ saya kerjakan selama liburan. Mau gimana lagi? Nanti kalau keasyikan liburan terus lupa tugasnya kan jadi susah sendiri. Masuk-masuk malah stress mikirin tugas yang belum kelar.
Hikmah : jangan menunda-nunda pekerjaan! Karena pekerjaan tidak akan selesai kalau dibiarkan saja dan bisa-bisa nanti malah menumpuk.

Sebenarnya dari daftar kegiatan di atas masih banyak lagi yang saya rencanakan tapi nggak berhasil seperti :

1. Pergi ke salon. Ini karena sudah lama saya nggak potong rambut. Sebenarnya sih saya ini cewek yang jarang banget ke salon (atau lebih tepatnya males yah?). Tapi, karena ujung rambut saya sudah sepinggang sedangkan sehari-harinya saya menggunakan jilbab, kan jadinya ribet sendiri. Maka dari itu, saya mau pergi potong rambut sekalian creambath supaya setelah masuk nanti pikiran jadi fresh. Sayangnya rencana ini tertunda karena hujan turun sewaktu mau berangkat. Yah... kalau yang ini murah nggaknya tergantung salonnya juga sih. Hehehe...

2. Pergi ke Perpustakaan Daerah hunting buku-buku sastra lama. Menurut saya, bahasa dan ceritanya lebih bagus daripada buku macam teenlit yang banyak ada sekarang. Saya ketagihan sastra lama setelah saya baca ’Ronggeng Dukuh Paruk’ karangan Ahmad Tohari. Ceritanya memang percintaan, tapi dikemas beda. Nggak seperti cerita cinta sekarang yang cenderung monoton. Walaupun begitu, saya tetap menghargai hasil jerih payah anak negeri. Terus berkarya ya!

3. Melanjutkan kegiatan lama saya : bikin kliping tentang berbagai informasi. Mulai dari tokoh-tokoh dunia, berbagai penyakit, sampai cara hidup sehat. Dulu sewaktu teman-teman saya lihat, banyak yang tanya : ini buat apaan? Sebenarnya sih saya juga bingung sendiri mau jawab apa. Lalu saya jawab klise saja : untuk menambah wawasan. Kliping tokoh-tokoh dunia kan bisa jadi referensi kita belajar dari kehidupan orang lain. Kliping penyakit dan cara hidup sehat kan bisa membuat kita tahu tentang diri kita sendiri. Ada yang bilang : kita adalah apa yang kita makan. Maksud saya, kita jadi bisa mengatur tubuh kita supaya sehat.

Nggak nyangka juga daftar kegiatannya bejibun begitu. Tapi, dengan begitu kan liburan jadi nggak membosankan. Jadi, kesimpulannya liburan kali ini saya ’agak’ hemat! Hehe. Habis kalau nggak keluar uang sama sekali, nanti nggak bisa ngapa-ngapain. Yah, paling nggak have fun selama liburan nggak harus pergi ke mal seperti biasanya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5 comments:

  1. waw...baru kali ini liat ada orang yang bener2 ngerencanain liburan... mantaaap!
    sukses ya liburannya.. dan bener2 penuh hikmah...

    ReplyDelete
  2. Hehe... :D
    Terima kasih. Iya saya sedang mencoba untuk mengambil hikmah dari setiap hal yang saya lakukan

    ReplyDelete
  3. Kita perlu generasi sepertimu Tik4 .. ^_^

    ReplyDelete
  4. wah asiknya yang liburan haha..
    salam kenal !!

    ReplyDelete
  5. @ Koch : terima kasih. Tanggapan dari sobat blogger selalu membuat saya bersemangat untuk memperbaiki diri. :)

    @ Bowok : Iya. Hehe... Sekarang ini saya sedang liburan lagi nih. Bingung juga mau ngapain. Huhuhu :3

    ReplyDelete