Friday, June 19, 2009

2 Tahun Ngeblog

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sewaktu iseng-iseng buka profil saya (narsis sendiri ceritanya), saya liat status saya yang sudah aktif sejak Juni 2007. Kalau begitu saya sudah ngeblog selama dua tahun dong! Wah, nggak kerasa sudah segitu lamanya. Padahal waktu setahun ngeblog pun saya nggak ngerasa sama sekali. Hehe...

Nah, selama dua tahun itu, blog ini sudah mengalami cukup banyak perkembangan dan perbaikan. Blog ini sudah dua, eh, tiga kali ganti template dan tiga kali ganti desain header. Dari semua catatan itu, nggak menutup kemungkinan untuk saya mengganti template dan header lagi kalau sewaktu-waktu saya bosan dengan yang ini.

Oh ya, berhubungan dengan hal itu, akhir-akhir ini saya merasa kalau blog saya sudah terlalu berat. Sebenarnya sudah lama sih, tapi entah kenapa baru kali ini begitu saya perhatikan .Yee... baru ngerasa! (sambil ditimpuk banyak orang). Maaf buat teman-teman blogger yang selama ini sudah sudi mampir ke blog saya yang berat ini. Maafkan keegoisan dan keserakahan saya untuk memasang banyak widget di sana sini demi mempercantik blog, tanpa memperdulikan akibatnya. Padahal inti dari blog adalah isi tulisan dan bukan widgetnya ya.


Setelah itu, saya segera cek berat blog saya sesuai dengan info dari Kang Agus (terima kasih Kang) di Web Page Analyzer. Begitu hasil pengecekannya keluar, saya kaget bukan main. Ternyata untuk membuka blog saya ini dengan kecepatan 1.44Mbps dibutuhkan waktu 22,08 sekon. Masya Allah! Lambat sekali. Dan lebih herannya lagi kok ya saya nggak kerasa sama sekali selama ini ya? Ckckck...

Saya pun langsung sigap menghapus beberapa widget yang saya anggap tidak perlu.

1. Recent visitors di mybloglog. Toh ini sudah terwakili dengan adanya followers dari google kan.

2. Widget kalender dan waktu. Dipikir-pikir selama ini kalau saya blogwalking nggak pernah liat jam atau kalender di blog orang. Biasanya saya selalu liat jam yang sudah paten terpasang di pojok kanan bawah monitor dan kalender yang ada di dinding (lebih besar jadi lebih jelas dilihatnya).

3.Beberapa widget statistik. Yang saya hapus adalah sitemeter dan ipnow. Saya kira yang ini sudah terwakili oleh widget yang sebelumnya dan pelacak IP kayaknya nggak perlu.

4.Banner dari beberapa grup blog. Sebenarnya saya nggak ingin untuk menghapus ini, tapi untuk sementara waktu saya hapus dulu. Baru setelah blogroll link My Friends saya sudah diperbaiki, saya akan coba pasang lagi.

5.Beberapa emoticon di postingan. Menurut hasil check-up tadi, emoticon yang saya pasang merupakan salah satu faktor yang memperberat blog. Karena itu, saya hapus yang tidak perlu dan mulai sekarang berkomitmen untuk memakainya seperlunya saja. Selain itu, ada postingan yang saya edit supaya home blog ini bisa lebih cepat diakses.

Nah, setelah menghapus beberapa elemen yang tidak perlu, saya segera mengeceknya ulang. Alhamdulillah... Sekarang untuk mengakses blog saya dengan kecepatan 1.44Mbps diperlukan waktu 15,20 sekon. Jadi turun sekitar 7 detik. Insya Allah setelah ini saya akan mengedit template blog ini agar bisa lebih singkat lagi waktu aksesnya. Semoga bisa mencapai target maksimal 10 sekon untuk 1.44Mbps. Karenanya saya mohon bantuan teman-teman untuk memberikan saran apa-apa saja yang perlu dibenahi dari blog ini agar tidak lambat bila diakses. Saya tunggu saran dari teman-teman semua. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

13 comments:

  1. 2 taon?lg lucu2nya dunk say.waduh jd ga enak nih dek.. Tikung lebih senior dr ducky. Klo ducky,suka akses dr kantor jd lambat/tdk ga ngaruh huehehe. Tp nih tik,smua yg ditulis bener tu,hal ga penting del aja..
    Gmn rapotnya say?biru kaaan?
    eh saran tik:verifikasi word yg buat komen,di off aja,bikin lama tu,:p

    ReplyDelete
  2. weah emotion di postingan jg kena ya sob.. umpp.. saya kadang pake itu sob.. hehe cz enak ada greasemonkey.. hehe.. tapi klo yang laennya udah saia babat abiz.. hehe

    semangat slalu sob..

    ReplyDelete
  3. Simple blog, cepat di akses ysng penting ksn conten blognya menarik.

    ReplyDelete
  4. pokoknya maju truss pantang mundur
    sukses slalu untuk sobat

    ReplyDelete
  5. @ Ducky : Iya nih, Mbak. Lagi mau masuk playgroup. Hehe... Alhamdulillah baik, Mbak. Ya, walaupun nggak biru (tapi item maksudnya). Sip.. segera saya laksanakan, Mbak :)

    @ Kre_thek : Iya. Soalnya emoticonnya ngambil dari web lain. Padahal saya juga suka pakai itu. Mulai sekarang harus efisien pakenya.

    @ Bayunature : Setuju. Yang penting isinya.

    @ Itdot : Makasih, Sobat. Semoga sukses juga :)

    ReplyDelete
  6. Hmmm...dua tahun,.??wah lama juga ya..kyknya hrus bnyak blajar dri mba tika nih...:)

    ReplyDelete
  7. T!ka .. happy blog birthday, wah meskipun masih sangat muda,kalau untuk urusan blog, lebih senior daripada saya. Saya belum jg berulang tahun. Tapi nggak apa2 kalau beri tips, anggap sharing aja. Ada di blogku. Tq

    @ BJ Koch

    ReplyDelete
  8. @ Ducky : Siipp :)
    @ Kakve-santi : Iya, nggak kerasa.
    @ Nopi : Wah, lama bukan berarti berpengalaman, Mas. Sepertinya saya yang harus belajar kesana.
    @ Investasi : Iya, makasih. Makasih juga tipsnya ya :)

    ReplyDelete
  9. wah selamat yaaa
    saya baru 2 bulan ngeblog
    salam kenal

    ReplyDelete
  10. salam blogger... ngeblog memang nikmat, nulis di komen ngasih komen... wah pokoe yang udah gila blog,,, berlama2 di depan internet nggak aapa deh

    ReplyDelete