Saturday, November 14, 2009

Kirim Wall ke Allah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Berhubung internet di rumah terpaksa nggak bisa nyambung dulu karena rumah lagi direnovasi, jadilah saya ngenet di warnet. Huhuhu... Yah, habis semangat ngeblog lagi meluap-luap. Kan sayang kalau dibiarin. :D

Saya sering merenungkan sesuatu kalau lagi nganggur terutama kalau lagi sendirian seperti sekarang. Nah, kali ini saya jadi teringat akan pembicaraan saya dengan seorang teman beberapa waktu yang lalu. Begini inti kutipannya...

Teman : "Kok belum baikan ya. Padahal aku udah berdoa lho!"
Saya : *diam*
Teman : "Eh, tapi doanya cuma baru satu kali ding!"
Saya : "Nah, mungkin itu. Harusnya doa itu yang banyak biar cepet dibalesnya sama Allah."
Teman : "Hahaha... Kok kayak bales wall di FB."
Saya : "He? Iya juga ya. Berarti doa itu kayak wall di FB ya. Semakin banyak kita berdoa, doanya jadi ada di urutan paling atas. Jadi, kemungkinan dilihat dan dibales yang punya makin besar."
Teman : "Hehe... Agak ngawur sih. Tapi bener juga."
Saya : "Iya, berarti kita harus banyak-banyak doa supaya Allah cepet balesnya."


Hm.. dialog yang cukup sederhana. Tapi maknanya cukup dalam. Lalu saya jadi berpikir-pikir. Kenapa ya orang-orang termasuk saya lebih ingat update status atau bales wall di FB daripada ingat dan berdoa sama Allah? Padahal berdasarkan teori yang ada dalam percakapan tadi, semakin banyak kita kirim wall ke Allah (baca:doa) makin besar dan cepat kemungkinan wall kita akan dibalas (baca: dikabulkan). Seperti di FB, kalau semakin sering kita berkomunikasi dengan sahabat kita, maka hubungan pun makin erat. Menurut saya, hal yang sama terjadi dalam hubungan kita dengan Allah, semakin sering kita ingat dan berkomunikasi denganNya, kita bisa selalu dekat denganNya.

Ya, memang saya nggak menampik kalau hal yang penting seperti ini sering terlewatkan dalam kehidupan sekarang tak terkecuali saya. Bahkan kalau berpikir tentang hal-hal lain yang senada pun banyak. Misalnya kenapa ya saya lebih sering baca komik daripada melantukan ayat-ayat suci Al Quran? Saya bisa meluangkan waktu untuk membaca komik sampai berulang-ulang bahkan sampai hafal setiap detil isinya. Sementara mengapa saya tidak bisa meluangkan sedikit waktu saja untuk membaca firman Allah yang isinya jauh lebih bermakna?

Saya ingin sekali bisa memperbaiki sikap saya ini. Membaca Al Quran berulang-ulang sampai-sampai saya bisa hafal isinya layaknya saya membaca komik. Ingat Allah sesering mungkin melebihi ingat untuk update status. Hm, saya ingin hidup saya seimbang. Antara dunia dan akhirat. Antara hubungan saya dengan sahabat-sahabat. Dan antara hubungan saya dengan Sang Pencipta diri saya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


11 comments:

  1. waah mendalam banget. persis nih kadang² sy jg mikir, kok lebih sering koneksi inet dr pada wudhu untuk solat.. lebih sering inget blogwalking ketimbang doa...

    sama tik, pengennya hdp ini seimbang yah..
    sama juga tik... kok kita sm terus sih.. hihi... klo mo ngapal ayat² Al Quran lbh susah ketimbang yg lain. skg aku lg nyoba one day one ayat, itu aku baca di wisata hatinya ust. yusman.. coba deh..

    ReplyDelete
  2. like this. loh emang FB ada like nya. hehe...
    seep tik. aku juga sering punya pikiran seperti itu. moga-moga saya bisa mengikuti jejakmu. amien :)

    ReplyDelete
  3. Mendalam juga neeehhh....
    Memang benar kalo kita dekat dengan Allah maka Allah akan lebih dekat lagi kepada kita.

    Memang banyak juga siiih kalo kita membaca satu lembar Al Qur'an begitu suliit n malasnya akan tetapi kita begitu mudah n cepatnya membaca 100 halaman dari novel yang terlaris. Betul ga... he he he

    Semoga suksess n tetap semangat

    ReplyDelete
  4. Info yang sangat bgs sob btw bs lbh mendekatkan diri kita kepada Allah.SWT dengan berdoa,semoga sukses...:D

    ReplyDelete
  5. Perenungan akan membawa pencerahan....

    Perbanyaklah muhasabah (renungan) maka engkau akan beruntung...kata-kata bijak

    ReplyDelete
  6. Terkadang tp sering (halah)melakukan hal baik kadang terasa berat...kenapa ya...???

    thx Tika dah mampir blogku

    ReplyDelete
  7. Jadi tersentuh nih :D

    Mari berbenah !

    ReplyDelete
  8. @Ducky Iya, Mbak. Wah, bagus juga tuh. One day one ayat. Kayaknya bisa dicoba nih.

    @Jimox Amin...

    @Harto Betul. Saya sendiri juga heran dengan hal itu. Terima kasih. Semoga sukses juga. =D

    @!Rchymera! Amin. Semoga kita bisa selalu dekat denganNya.

    @Bung Jamil Kalimat bijak yang bagus... =D

    @Oelil Iya. Kadang ada rasa nggak ikhlas yang muncul. Hmm..

    @Toelisan Mari berbenah bersama! =D

    ReplyDelete
  9. berdoa adalah segalanya qt bisa komunikasi ama Tuhan kayak qt curhat am teman rasanya perasaan bisa lega banget, slm kenal & jangan lupa mampir juga

    ReplyDelete
  10. doa tidak selamanya dikabulkan semua...

    ada yang dikabulkan saat itu juga, ada yang ditunda, artinya dikabulkan tapi untuk waktu ke depan, ada juga yang tidak terkabulkan, namun akan masuk dalam amal ibadah

    ReplyDelete